Sunday, March 10, 2024

Motivasi masuk ITB

ITB Ganesha Bandung

               Hai, kamu calon mahasiswa ITB, tapi bukan dari jurusan IPA? Jangan khawatir, sekarang masuk ITB pake jalur SNBT itu ngga dites materi IPA lho di SNBT nya. Jadi SNBT Cuma terdiri dari (1) Tes Potensi Skolastik (Kemampuan Penalaran Umum, Kemampuan Kuantitatif, Pengetahuan dan Pemahaman Umum, Kemampuan Memahami Bacaan dan Menulis) sama (2) Tes Literasi (Literasi Bahasa Inggris, Literasi Bahasa Indonesia, dan Penalaran Matematika. Nah, kamu cuma perlu belajar persiapan latihan soal yang banyak, misalnya latihan soal matematika, atau tes skolastik yang mirip sama tes psikologi. Sekarang udah Maret nih, SNBT biasanya di akhir April atau di awal Mei. Jadi, yuk latihan belajar SNBT!

Ranking ITB


               Buat belajar SNBT ini relatif lebih mudah daripada SBMPTN ya, soalnya SNBT ini hampir ga ada materi  hafalannya lho! Ga perlu ngafalin rumus fisika atau anatomi biologi dan lainnya. Cukup latihan soal! Inget, kuncinya latihan soal! Sekarang gini, beli buku latihan soal di Gramedia, sama beli buku tulis folio. Nah dari sekarang dicicil per hari berapa, misalnya 5 atau 10 soal. Nah abis itu bisa ikutan Try Out online. Bisa dicoba di RuangGuru (Kejar PTN Impianmu Sekarang bersama UTBK Center Ruangguru). Dibuat santai ajaa, coba 5 soal per hari dulu, tapi konsisten. Bisa juga pake rewarding system. Jadi kalau udah ngerjain 10 soal, main PS 30 menit misalnya. Biar ada motivasinya. Tapi jangan keterusan main PS 3 jam yaa.

Soekarno di  ITB

               Nah buat motivasi masuk ITB, kenapa sih harus masuk ITB? Kenapa ngga kampus yang lain. Soalnya ITB itu kampus nomor satu di Indonesia. Di dunia, dia rangking ke 280. Bayangin, dari ribuan universitas di dunia, ITB bisa ranking ke 280! Di Asia dia ranking ke 63! Ini bisa jadi bahan pertimbangan buat kamu yang mau masuk ITB. Pokoknya top markotop deh. Ir. Soekarno, B.J. Habibie, Ridwan Kamil, pernah kuliah di sini. Karena ITB itu kampus terbaik di Indonesia, banyak banget orang – orang hebat dari seluruh Indonesia yang belajar di ITB. Percaya deh, di ITB kamu bakal ketemu sama banyaak beragam macam orang. Dari yang pinter banget, jago organisasi, atlet sepak bola, sampai santri juga bahkan ada. Wajib nonton video di bawah ini buat motivasi!

ITB itu ibaratnya miniatur Indonesia, jadi heterogen banget lah pokoknya. Kamu bisa bergaul dan bermain dan belajar ke orang – orang tersebut. Di ITB, kamu bakal punya pandangan yang luas, yang bakal membentuk kamu nantinya di masa depan. Di ITB juga ada organisasi Gamais (Keluarga Mahasiswa Islam), yang aktif banget dan banyak banget kegiatannya. Gamais sekretariatnya di Masjid Salman ITB, jadi enak banget kalo ikutan Gamais bisa sering beraktivitas sambil ibadah di Masjid. Selain Gamais, banyak banget juga unit organisasi buat nyalurin hobi kamu. Ada unit Speak Bola, renang, selam, badminton, voli, robotic, unit anime atau kpop juga ada. Puas deh kemahasiswaan di ITB mah pokoknya.

Kolam Renang ITB

Lingkungan kuliahnya juga enak, kampusnya nyaman dan adem. Makanan banyak, cafe di mana mana deket. Nah kalo tahun pertama, mahasiswa ITB itu wajib kuliah di Jatinangor. Di Jatinangor juga banyak kok kuliner & tempat jalan jalan kaya Jatos Mall. Kalo udah tahun kedua dan milih ITB Ganesha, langsung puas puasin main di ITB Ganesha. Kampusnya juga bagus, bersih, rindang, dingin, nyaman, free WiFi & perpustakaannya enak banget buat belajar. Ada trek lari dan kolam renang gratis juga. Gym, lapangan bola, lapangan voli juga ada. Pokoknya lengkap deh fasilitasnya.

Nah sekarang lanjut ke akademiknya nih. Akademik ITB tuh top markotop deh pokoknya. Di sini kalian bakal diajarin ilmu – ilmu yang pastinya bakal kepake sampe kerja nanti. Mungkin pas kuliah belum sadar ya, apa yang dipelajari. Tapi pas di dunia kerja, bakal kerasa banget bahwa ilmunya itu kepake banget. Dosennya juga hampir semuanya S3 dan lulusan luar negeri (Jepang, Eropa, US). Jadi ilmunya udah pasti standar internasional. Beberapa jurusan juga udah terstandarisasi internasional. Jadi ijazah dari ITB udah sama kaya kalo kita kuliah S1 di luar negeri.

Kuliah Lapangan ITB

Ga cuma di kelas, banyak juga kuliah lapangan di ITB! Jadi kuliah sambil jalan – jalan gitu. Misalnya kalau Teknik Geologi itu ke Ciletuh, Teknik Sipil & Teknik Kelautan bisanya ke proyek – proyek strategis misalnya ke Pelabuhan di Bali, atau ke Konstruksi Bandara. Pokoknya ga bakal bosen deh kuliah di ITB. Kesempatan exchange gratis ke luar negeri pun banyak! Misalnya di Teknik Sipil itu rutin setiap tahun ada program pertukaran pelajar ke Jepang gratis selama 1 bulan.

Exchange ke Jepang Gratis

Satu lagi, kalo udah lulus ITB gimana? Karena ITB itu kampus top, jadi lulusan ITB itu dipandang banget di dunia kerja. Banyak perusahaan sekarang yang cuma mau dari lulusan top 3 universitas (ITB, UI, UGM). Nah jadi jangan khawatir deh nyari kerja pas lulus ITB. Kalau mau magang juga gampang. Di ITB, libur semester itu 3 bulan (Juni-Agustus) sama satu bulan (Desember-Januari). Jadi bisa coba mangang pas libur semesteran. Setelah lulus ITB banyak karir yang bisa dipilih. Bisa jadi PNS, bisa jadi perusahan multinasional, bahkan bisa di luar negeri karena ijazah ITB bisa dipake buat ngelamar kerja ke luar negeri. Gaji lulusan ITB juga lumayan tinggi dibanding lulusan kampus lain. Kamu juga bisa lanjut kuliah S2 atau S3 di luar negeri pake Ijazah ITB. Dan Ijazahnya langsung bisa dipake untuk melamar S2, gak perlu di-translate lagi soalnya ITB udah pake Bahasa inggris ijazahnya!

So, kesimpulannya adalah, kalo kamu bener bener pengen masuk ITB, dimulai dari kenapa kamu pengen masuk ITB. Misalnya, kalo kamu mau ngejar Teknik Informatika ITB, tanya kenapa kamu pengen masuk sana. Misalnya, kamu pengen kerja di perusahaan IT besar kaya Google atau Tokopedia atau Gojek, nah jadiin itu buat motivasi kamu masuk Teknik Informatika ITB! Ada kebanggan tersediri yang lebih pas kamu liat hasil SNBT kamu warnanya ijo yang artinya kamu keterima di ITB. Perasaan yang pasti bakal buat kamu seneng! Percaya deh. Buat lebih memotivasi lagi, ganti screen wallpaper HP sama Laptop Kamu sama logo Teknik Informatika ITB! Biar kamu keinget dan termotivasi terus buat ngerjain latihan soal UTBK-SNBT! Buat target, terus belajar dan jangan lupa berdoa! InsyaAllah pasti bisa.

              

0 comments:

Post a Comment